Menyusun instrumen madrasah

 Bagai mana menyusun instrumen asesmen madrasah

1 menentukan materi esensial ( UKRK = urgensi, kontinuitas, relevansi, keterpakaian )

2. Menganalisis kompetensi dasar 

3. Menyusun kisi-kisi soal Asesmen madrasah  

Gunakan kata kata operasional dalam memberikan soal 2 terhadap siswa 

4. Menyusun stimulus dan menulis kan butir soal nya 

Bentuk soal dalam asesmen tidak hanya dalam bentuk pilihan ganda saja.

5. Membuat kunci jawaban dan pedoman penskoran 


Proses kognitif

1. Menemukan informasi 

Pada level ini siswa telah mampu menemukan, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan suatu ide 

2. Menginterpretasikan dan mengintegrasi



Kontruksi soal

Stimulus : berupa teks/kutipan teks, sedapat mungkin minimal empat kalimat,teks informasi dan sastra sesuai pencapaian kurikulum, teks informasi misal teks persuasif dan teks sastra 

Pokok soal/ pertanyaan: pertanyaan harus mengacu pada narasi stimulus, indikator dan proses kognitif nya, bersifat autentik, kalimat efektif, jelas dan mudah difahami, pilihan jawaban paralel dan homogen, tidak mengandung negatif ganda dll

Bentuk soal : pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, benar'salah/setuju -tidak setuju/ya -tidak, menjodohkan, isian singkat/jawaban singkat dan uraian 

Syarat stimulus

1. Stimulus edukatif, menarik dan bermakna ( inspiratif)

2. Stimulus memiliki unsur keterbaruan

3. Stimulus sesuai kebutuhan

4. Susunan teks dan Kalimat menggunakan kaidah yang sesuai ( bila mapel bahasa Indonesia sesuai EYD dan KBBI)

5. Tidak mengandung SARAPPPK ( suku, agama, ras , antargolongan, pornografi, politik, profaganda, dan kekerasan)

6. Hindari menggunakan nama tokoh yang masih hidup yang rentan menimbulkan konflik

7. Teks sastra dapat mengambil dari teks / bacaan yang sudah ada kemudian disesuaikan dengan kebutuhan soal.

8. Teks informasi dapat berupa wacana, wacana dilengkapi grafik/tabel/infografik/ atau juga berupa infografik yang berasal dari sumber ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan 




Komentar